Frequently Asked Questions (FAQ)

  1. Brance adalah salah satu produk pendukung bisnis bagi user dalam bentuk aplikasi yang dikembangkan oleh PT Bursaku Teknologi Finansial sebagai sarana pelayanan bagi UMKM membawa bisnis ke arah digitalisasi.
  2. Sebutan untuk Individu atau Badan usaha yang membuka brance adalah brancer.
  3. Brancer adalah Individu atau badan usaha yang terdaftar dan yang telah dilatih dan teruji terkait Standar Operasi yang diberlakukan oleh perusahaan dan telah mendapatkan sertifikat izin dan user ID dari bursaku dalam membuka brance.
  4. Brance bukan hanya sebatas aplikasi PPOB tetapi akan berkembang dan membawa para Brancer untuk berkarya lebih jauh.

Brance bukan hanya menawarkan penggunaan aplikasi tetapi kami mengumpulkan komunitas dalam berbagi pengetahuan dan dukungan bagi pengembangan bisnis para Brancer. Selain diberikan aplikasi para Brancer akan dapat mengikuti pelatihan pelatihan yang mendukung pengembangan bisnis Brancer kedepan. Brancer diharapkan dapat mengembangkan potensi di wilayah masing masing bukan hanya sebatas penjualan PPOB tetapi melalui berbagai layanan yang kami kembangkan di dalam aplikasi Brance kami berharap para Brancer dapat memiliki bisnis yang berkembang dengan memamfaatkan potensi di daerah masing masing.

  1. Layanan Pembayaran PPOB dan Tagihan atau payment point.
  2. Layanan sistem kasir beserta pengelolaan stok dan karyawan dengan sistem on demand. (Layanan ini sedang dikembangkan untuk mendukung UMKM yang memulai bisnis dari skala kecil dengan tidak mengenakan fee didepan melainkan fee per transaksi yang terjangkau sampai dengan Rp.100 per transaksi)
  3. Layanan Payment Gateway (telah disematkan di dalam aplikasi) digunakan untuk memfasilitasi pembayaran digital untuk para Brancer pengusaha.
  4. Layanan Logistik pengiriman (sedang dalam tahap pengembangan) digunakan untuk memfasilitasi pengiriman product para Brancer pengusaha.
  5. Layanan Keuangan digital (sedang dalam tahap pengembangan) membantu daerah tempat Brancer berusaha dapat terkoneksi dengan layanan keuangan di kota besar.

Brancer memperoleh komisi transaksi dari setiap transaksi pasca bayar yang dilakukan dari pembayaran PPOB atau tagihan. Brancer akan memperoleh modal yang bersaing untuk pembelian prepaid pada layanan pembelian prepaid pada aplikasi Brance.

  1. Brancer akan dikenakan fee per transaksi jika ada penjualan produk atau jasa dengan menggunakan layanan kasir dan stok manajemen di aplikasi ( tagihan PPOB, prepaid ataupun product bawaan dari aplikasi dikecualikan dari pengenaan biaya tersebut).
  2. Brancer/customer (jika dibebankan kepada customer) dari Brancer akan dikenakan biaya payment gateway jika customer melakukan pembayaran melalui layanan payment gateway yang disediakan di aplikasi Brance.
  3. Layanan Logistik akan mengacu pada layanan yang dipilih oleh customer atau Merchant dan biaya disesuaikan dengan data yang dimasukan oleh Merchant dan akan dibebankan kepada Merchant/Customer (jika merchant memilih biaya dikenakan kepada customer).
  1. Brancer memiliki tanggungjawab dalam operasional lapangan dan juga pengenalan layanan perusahaan ke masyarakat dengan kata lain brance adalah partner Kerjasama yang mewakili perusahaan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.
  2. Brancer berkewajiban dalam memberikan feedback terkait kendala dilapangan kepada perusahaan untuk pengembangan fitur dan aplikasi lebih lanjut.
  3. Brancer melakukan operasional sesuai dengan standar operasi yang diberlakukan oleh perusahaan dan diharapkan dapat memberikan layanan kepada mayarakat sesuai dengan pelatihan consumer service excellent yang ditetapkan perusahaan.
  4. Brancer yang bergabung dalam komunitas para Brancer pengguna aplikasi akan diberikan pelatihan berkala sebagai penunjang perkembangan bisnis yang dijalankan oleh Brancer. Perusahaan berhak mencabut izin pelatihan dari Brancer apabila Brancer tidak menaati syarat ketentuan dari perusahaan.

Merchant disini merupakan individu atau badan usaha yang tergabung dalam ekosistem Bursaku dalam berbagai aplikasi yang dimana Merchant bertindak sebagai penyedia produk dan Jasa kepada Customer. Merchant akan menggunakan layanan yang dikembangkan oleh PT Bursaku Teknologi Finansial sebagai penunjang operasi bisnisnya dan meneruskan layanan tersebut kepada Customer para Merchant. Dalam hal ini Brancer pengusaha merupakan salah satu Merchant karena bertindak sebagai penyedia jasa dan layanan

Layanan payment gateway adalah layanan sistem pembayaran digital yang diberikan oleh Bursaku kepada Merchant . Layanan tersebut adalah hasil kerjasama PT Bursaku Teknologi Finansial dengan partner Payment Gateway dan switcher yang telah berlisensi resmi dari Bank Indonesia.

Layanan keuangan Digital merupakan layanan yang disematkan dalam aplikasi Brance yang memperbolehkan para Brancer dalam melakukan layanan Tarik Tunai, Setor Tunai Transfer Antar Bank dan pembukaan rekening Bank. Untuk dapat mengakses layanan tersebut Brancer harus bersertifikasi sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh regulator terkait yaitu Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Dalam konteks ini Brance sudah bertindak sebagai Mini Bank di daerah dan menjadi perpanjangan tangan untuk institusi keuangan memberikan layanan kepada masayarat. Layanan tersebut masih tidak dapat diakses dan masih sedang dalam tahap pengembangan oleh PT Bursaku Teknologi Finansial.

Layanan logistik adalah layanan yang dikembangkan oleh PT Bursaku Teknologi Finansial yang bekerjasama dengan partner partner penyedia layanan pengiriman logistik didalam aplikasi yang digunakan oleh Merchant Layanan ini bertujuan untuk menunjang pengiriman barang para Merchant di seluruh Indonesia sehingga penyaluran barang dapat dilakukan dengan simple oleh para Merchant

  1. Brancer adalah orang-orang yang bertanggungjawab dan memiliki Integritas dan komitmen.
  2. Brance memiliki lokasi yang diajukan untuk menjadi lapak usaha brance dan mengirimkan bukti foto bersama dengan dokumen pendukung lainnya.
  3. Brance sudah memiliki sertifikat sebagai Brancer tersertifikasi yang artinya sudah terlatih dan melewati uji layanan dari perusahaan.
  4. Fotocopy KTP 1 Lembar.
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran dan syarat ketentuan
  6. Pas foto berwarna pemohon (latar belakang merah) ukuran 4x6 sebanyak 1 (satu) lembar atau Foto Selfie terkini dengan KTP
  7. Fotocopy KTP Ahli waris atau saudara satu KK (optional)
  8. Brance membayar Rp. 450.000; sebagai administrasi yang selanjutnya akan dikembalikan oleh pihak perusahaan dalam bentuk Spanduk, Banner, Printer Struk, dan kertas print atau dapat menambahkan Neon Box (tanpa tiang) dengan membayar Rp. 1.500.000; sebagai biaya administrasi dengan tambahan selain yang disebutkan tadi.
  1. Klik “Lupa PIN” dibagian bawah.
  2. Masukkan nomor Hanphone yang terdaftar dan kirim kode verifikasi melalui SMS.
  3. Masukkan Kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  4. Kemudian akan muncul Buat Kode PIN Baru dan Verifikasi Kode PIN Baru setelah itu klik “OKE”.
  5. Kode PIN berhasil diubah.
  1. Klik dibagian Profil dan Masuk ke Pilihan Ubah Kode PIN.
  2. Masukkan kode PIN yang lama.
  3. Masukkan kode PIN yang baru dan Ulangi untuk verifikasi.
  4. Kemudian Klik “OKE”
  5. PIN berhasil diubah.
  1. Pergi ke Dashboard utama.
  2. Klik Menu Penjualan dibagian bawah dashboard aplikasi.
  3. Masuk ke Tanggal dan masuk ke Menu “Filter Tanggal”.
  4. Penjualan di rentang tanggal tersebut akan langsung terlihat.
  1. Pergi ke Dashboard utama.
  2. Klik Menu Penjualan dibagian bawah dashboard aplikasi.
  3. Masuk ke Tanggal dan masuk ke Menu “Filter Tanggal”.
  4. Penjualan di rentang tanggal tersebut akan langsung terlihat.
  1. Download aplikasi brance di playstore atau Appstore
  2. Sign In/Sign Up
  3. Kemudian masukkan nomor HP dan data diri sesuai yang diminta dan upload foto.
  4. Jangan lupa masukkan kode agen yang diperoleh dari bursaku company Ketika pelatihan.
  5. Masukkan Kode PIN.
  6. Konfirmasi sidik jari.
  7. Klik “Masuk”
  1. Klik menu “Isi Saldo” pada tampilan utama layar aplikasi
  2. Masuk Nomor HP Pelanggan dan jumlah nominal saldo yang diisi.
  3. Klik tombol “Lanjut” dibagian bawah dan cek terlebih dahulu apakah nominal sudah sesuai dan nama penerima sudah tepat.
  4. Kemudian pilih metode pembayaran.
  5. Masukkan PIN.
  6. Tunggu hingga pembayaran berhasil.
  7. Print struk atau cetak struk.
  1. Klik menu “Tarik Saldo” pada tampilan utama layar aplikasi
  2. Masuk Nomor HP Pelanggan dan jumlah nominal saldo yang diisi.
  3. Klik tombol “Lanjut” dibagian bawah dan cek terlebih dahulu apakah nominal sudah sesuai dan nama penerima sudah tepat.
  4. Kemudian pilih metode pembayaran.
  5. Masukkan PIN.
  6. Tunggu hingga pembayaran berhasil.
  7. Print struk atau cetak struk.
  1. Klik menu “Transfer” pada tampilan utama layar aplikasi
  2. Masuk Nomor HP Pelanggan dan Akun Bank atau E-Wallet Tujuan.
  3. Masukkan Nomor Rekening atau nomor e-wallet yang dituju.
  4. Masukkan jumlah nominal saldo yang diisi.
  5. Klik tombol “Lanjut” dan pilih metode pembayaran.
  6. Kemudian pilih
  7. Klik tombol “Lanjut” dibagian bawah dan cek terlebih dahulu apakah nominal sudah sesuai dan nama penerima sudah tepat.
  8. Kemudian pilih metode pembayaran.
  9. Dan foto KTP si pengirim.
  10. Masukkan PIN.
  11. Tunggu hingga pembayaran berhasil.
  12. Print struk atau cetak struk.
  1. Contoh pada dashboard utama pada aplikasi pilih menu Token PLN.
  2. Masukkan “ID Pelanggan”.
  3. Klik tombol “Lanjut” dibagian bawah dan cek terlebih dahulu apakah nominal sudah sesuai dan nama penerima sudah tepat.
  4. Kemudian pilih metode pembayaran.
  5. Masukkan PIN.
  6. Tunggu hingga muncul Virtual Account.
  7. Setelah customer membayar akan ada pemberitahuan “Pembayaran Berhasil”.
  8. Print struk atau cetak struk.
  1. Contoh pada dashboard utama pada aplikasi pilih menu Token PLN.
  2. Masukkan “ID Pelanggan”.
  3. Klik tombol “Lanjut” dibagian bawah dan cek terlebih dahulu apakah nominal sudah sesuai dan nama penerima sudah tepat.
  4. Kemudian pilih metode pembayaran.
  5. Masukkan PIN.
  6. Tunggu hingga muncul Virtual Account.
  7. Setelah customer membayar akan ada pemberitahuan “Pembayaran Berhasil”.
  8. Print struk atau cetak struk.
  1. Contoh pada dashboard utama pada aplikasi pilih menu Token PLN.
  2. Masukkan “ID Pelanggan”.
  3. Klik tombol “Lanjut” dibagian bawah dan cek terlebih dahulu apakah nominal sudah sesuai dan nama penerima sudah tepat.
  4. Kemudian pilih metode pembayaran.
  5. Masukkan PIN.
  6. Jika customer sudah menscan QRIS.
  7. Setelah customer membayar akan ada pemberitahuan “Pembayaran Berhasil”.
  8. Print struk atau cetak struk.

Anda dapat menghubungi Layanan Pengaduan Konsumen melalui kontak di bawah ini: 

PT. Bursaku Teknologi Finansial

Alamat : Citraland Gama City | Blok R6-90 Kota Medan, Sumatera Utara, 20371 Call Center: 08116101525 | 08116101526
Email : [email protected]
Live Chat pada Bantuan di aplikasi Brance.Id.

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Senin - Jumat, Pukul 10.00 - 15.00

Alamat: Gedung I Lantai 3 Jalan M.I. Ridwan Rais No. 5 Jakarta Pusat 10110 Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010
Telepon: +6221-3858171 | +6221-3451692
Email: [email protected]